Bangsa Chinchorro, pembuat mumi pertama dunia

Bangsa Chinchorro, pembuat mumi pertama dunia. Selama ini kita mengenal Mesir sebagai tempat yang populer dengan mumi-mumi nya. Terutama mumi para raja yang di temukan dalam kuburan-kuburan yang penuh bergelimang harta. Setiap kali kita bicara tentang the mummy, maka pasti yang terlintas di benak kita adalah mesir dengan padang pasir dan piramida-piramida tinggi menjulang. Tapi tahukah anda, bahwa bangsa mesir bukan merupakan bangsa pembuat mumi pertama di dunia?

Pembuat Mummy pertama di Dunia

Sejarah membuktikan, bahwa bangsa pembuat mummy pertama di dunia adalah bangsa Chinchorro yang tinggal di benua Amerika bagian selatan. Dari sebuah penemuan mummy di padang pasir di wilayah Cili bagian utara telah membuka mata para ahli arkheologi. Darihasil penelitian menunjukan bahwa mummy tersebut ternyata berasal dari zaman 7500 tahun yang lampau yang artinya memiliki usia lebih tua daripada mummy-mummy yang di temukan di Mesir yang rata-rata berusia 4000 tahun. Sehingga mengganti peryataan yang sudah baku selama ini bahwa bangsa Mesir adalah perintis mumifasi pertama di dunia. Dan sepakat menyebut bangsa Chinchorro dari Amerika Selatan sebagai bangsa pembuat mumi pertama di dunia.


NewScientist menyebutkan bahwa sejumlah bangsa kuno di dunia memang mengembangkan tradisi mumifikasi pada kolega nya yang mati. Secara umum ada 2 jenis pembuatan mumi, yaitu secara alami dan secara buatan. Mumi yang ditemukan di Cili terjadi secara alami. Dimana lingkungan lah yang membuat maya-mayat itu menjadi mummy. Pablo Marquet dari Santa Fe Institute di New Mexico mencetuskan teori baru berkenaan dengan mumifikasi. Menurutnya, mengapa zaman dahulu manusia yang mati di jadikan mummy adalah lebih cenderung kepada keadaan daripada suatu keharusan. Keadaan pada saat itu menyebabkan mayat yang mati menjadi mumi. Dasar alasannya adalah karena kondisi lingkungan saat itu yang mengalami kekeringan ekstrim. Keberadaan mumi-mumi tersebut akhirnya menjadi budaya kematian spektakuler. Sehingga pada akhirnya setiap orang yang mati akan di mumifikasi untuk membuat jasadnya utuh dan tidak membusuk.

Namun begitu penelitian lebih lanjut perlu di lakukan untuk menyetujui pendapat ini. Sejarah selalu berkembang. Setiap pernyataan dapat di ralat jika bukti memberikan dukungan. Tetapi untuk saat ini, penemuan bahwa bangsa Chinchorro sebagai bangsa pembuat mumi pertama di dunia belum banyak di ketahui orang. Inilah fakta terselubung yang ingin di buka oleh Lebuay.Com.

Labels: ,