Jaringan Internet 4G LTE

Jaringan Internet 4G LTE. 4G LTE adalah singkatan dari istilah fourth-generation Long Term Evolution. Istilah ini mengacu pada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan ultra broad band untuk berbagai perlengkapan elektronik seperti ponsel, smart phone, tablet dan laptop. Dengan kecepatan akses yang lebih tinggi dari 3G, 4G akan menjadi idaman setiap orang yang mencintai teknologi internet. Meski tidak semua orang dapat menikmatinya, karena seperti 3G, yang saat ini hanya bisa dinikmati di wilayah tertentu, 4G juga pasti hanya akan tersedia dilokasi yang hampir sama. Sementara kami yang hidup di daerah terpencil di tepian hutan belantara, harus tetap bersabar dengan teknologi 2G, GPRS dan EDGE. Tapi tidak akan berhenti berharap bahwa suatu saat nanti sebelum kami mati, kami akan bisa menikmati jaringan internet 4G.

Jaringan Internet 4G LTE

Di Indonesia, terdapat dua kandidat standar 4G yang telah merambah wilayah Indonesia. Yaitu standar WiMAX yang di luncurkan oleh PT FirstMedia dengan merk dagang Sitra WiMAX dan standar LTE yang diluncurkan oleh PT. Internux. Jaringan internet 4G LTE mempunyai masa depan yang sangat cerah. Karena jaringan ini mempunyai  tingkat kecepatan yang sangat tinggi dalam menerima dan mengirimkan data. Peningkatan kecepatan yang mengesankan dari jaringan 4G ini akibat penggunaan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Teknologi OFDM bukan hanya mengurangi lama waktu yang diperlukan, tetapi juga mengurangi gangguan yang mungkin terjadi yang dapat menghalangi kecepatan dan kejernihan dalam mengirimkan data.


Jaringan internet 4G LTE merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh sehingga dapat menyediakan solusi yang diinginkan oleh para pelangan dimana segala sesuatunya seperti suara, data, ataupun arus multimedia dapat sampai pada pengguna kapan saja dan dimana saja mereka berada dengan kecepatan yang tinggi. Karena berbasis IP maka suatu saat nanti setiap gadget yang menggunakan jaringan 4G akan langsung mempunyai nomor IP sendiri. Persis seperti kalu kita menggunakan modem.


Sebenarnya jaringan 4G ini sudah terkenal dan menjadi standar jaringan internet sejak lama. Di Amerika, teknologi sudah terkenal sejak tahun 2012. Begitu pula di Inggris, Jepang, Korea selatan, dll. Di Indonesia sendiri kita baru mengenal 4G sejak 2013, ketika PTInternux meluncurkan Bolt Super 4G LTE. Meski saat ini jaringan ini baru melayani JABOTABEK, tetapi semoga secepatnya akan segera meluas keseluruh pelosok Indonesia. Tidak apa membayar lebih, asal dapat menikmati kecepatan Internet yang sesuai sehingga dapat say good bye pada fenomena LOLA (Loading Lama)yang menjengkelkan.

Labels: ,