Komponen Sehat menurut WHO

Komponen Sehat menurut WHO menurut WHo ada 3, yaitu:
1. Sehat Jasmani
Sehat jasmani adalah komponen utama dari definisi sehat. Artinya, seseorang baru di katakan sehat jika dirinya terbebas dari sakit ragawi yang menyerang tubuh dan organ-organ penyusunnya. Seseorang yang sehat jasamni akan menunjukan ciri-ciri yang antara lain adalah mempunyai penampilan yang menarik, kulit bersih, mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, tidak gemuk, nafas tidak bau, selera makan baik, tidur nyenyak, gesit dan seluruh fungsi fisiologi tubuh berjalan normal.
2. Sehat Mental
Sehat mental adalah sehat secara kejiwaan. Sehat mental dan sehat jasmani selalu dihubungkan satu sama lain seperti dalam pepatah kuno “Jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat” (Men Sana In Corpore Sano). Sehat mental lebih susah untuk di jaga. Karena begitu seseorang terganggu mentalnya, maka kesehatan jasmaninya mau tidak mau pasti akan terbengkalai. Gangguan mental dapat berupa gangguan emosi, gangguan perasaan dan gangguan-gangguan lain yang menyebabkan ketidakseimbangan mental. Sakit mental yang terparah adalah yang di sebut dengan gila.
3. Sehat Spritual
Sehat Spritual merupakan komponen tambahan pada pengertian sehat oleh WHO. Sehat spiritual hanya bisa di peroleh melalui pendidikan baik formal ataupun informal, terutama pendidikan agama, budi pekerti sehingga dapat membedakan antara hal yang baik dengan hal yang buruk. Logikanya dapat berkerja dengan baik sehingga terhindar dari perbuatan dan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma-norma hukum dan kemasyarakatn.

Labels: