Marigold alias Bunga Tahi Kotok

Saya tidak percaya, kalau saya akan menulis tentang Marigold alisan bunga Tahi kotok ini. Karena secara pribadi saya tidak menyukai tanaman ini. Selain karena tanaman bunga ini mempunyai masa hidup yang pendek, juga karena baunya yang tidak sedap.

Tapi, ketidak sukaan saya terhadap bunga ini berubah setelah berkunjung ke SDN 01 Purajaya, KebunTebu, Lampung Barat. SD Induk ini menjadikan tanaman bunga Marigold sebagai maskot. Di depan kelas dan di setiap lahan kosong di sekolah itu di tanami dengan rumpun Marigold. Sehingga lingkungan sekolah terlihat asri dan ramah lingkungan.

Bunga Marigold alias bunga Tahi Kotok / Tahi ayam memiliki nama latin Tagetes erecta L. Bunga yang memiliki aroma pesing dan tidak nyaman ini memiliki kelopak yang sangat indah jika di lihat dari jauh dan fotogenik jika di tanam dalam bentuk rumpun. Warna kelopak bunganya yang beragam sungguh tidak menjemukan. Sangat indah dan memberi ketenangan. 


Percaya atau tidak, aromanya yang tidak sedap dapat menjadi terapi yang manjur bagi sifat usil anak-anak. Karena arima tak sedap yang di pancarkannay terbukti ampuh mencegah anak-anak memetik bunga itu. Itulah salah satu alasan mengapa ibu Dewi Suryani, kepala sekolah SDN 01 menanan Marigold di halaman sekolahnya. 

Selain membuat anak-anak menjauh, aroma yang menyengat ini, ternyata juga membuat seranga terutama nyamuk menghindarkan diri. Jika di pekarangan rumah anda banyak nyamuk, cobalah untuk menanam satu rumpun batang Marigold. dan buktikan kemanjurannya sebagai mengusir nyamuk.

Karena kemampuannya mengusir serangga inilah, maka di lahan-lahan pertanian, tahi kotok kerap ditanam berselang-seling dengan tanaman sayur untuk menolak serangan hama. Selain itu minyak atsiri dalam kelopak bunga Marigold sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Zat terthienyl yang terkandung di dalamnya, dapat menghambat perumbuhan larva nyamuk, baik nyamuk Anipheles penyembab Malaria, atau pun Nyamuk Aedes Aegepti.

Oleh sebab itulah, kemudian saya berniat untuk membudidayakan di sela-sela tanaman sayur yang saya tanam di halaman. Agar kebun sayur dan buah saya yang kecil itu terhidar dari serangan hama. 

Jika ada yang berminat menanam Marigold Red Orange, dapat membeli bibitnya di SINI

Labels: